RSS

Pengunjung.. :

Pengikut !!!

Permainan dalam Fisika



PERMAINAN MONOPOLI FISIKA
Salah satu contoh media permainan yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika adalah dengan permainan monopoli. Permainan monopoli adalah salah satu permainan yang sangat terkenal dan hampir semua orang tahu tentang permainan ini. Kemudian kita mengintegrasikan pembelajaran Fisika dalam permainan ini. Aturan permainan sama dengan aturan permainan monopoli pada umumnya. Namun, beberapa hal diubah agar sesuai dengan pembelajaran Fisika. Tema permainan juga bisa diubah sesuai dengan Kompetensi yang sedang dipelajari. 

ATURAN PERMAINAN
Umum    : Monopoli ini merupakan game sederhana dengan permainannya hanya berputar 
dan  mendapatkan pertanyaan dimana aturan permainannya yaitu :
1)        Pemain terdiri dari 2 – 5 orang
2)        Pemain menentukan siapa diantara 5 orang untuk menjadi bankir (pengatur permaian).
3)        Setiap Pemain diberi modal permaian uang-uangan sebesar 20.000 (4 lembar uang-uangan 5.000
4)        Permainan menggunakan Dadu (1 atau 2 buah dadu), untuk keefektifan waktu sebaiknya menggunakan 2 buah dadu.
5)        Setiap pemain yang melewati Start diberikan uang dari bank 5.000.
6)        Pemain diperbolehkan membeli pos-pos yang ada, jika sudah jalan satu putaran.
7)        Pemain yang sudah membeli pos atau rumah seharga 5.000, akan diberi kartu yang berisi pertanyaan-pertanyaan. Setiap ada pemain lain yang mampir ke pos tersebut harus menjawab satu pertanyaan. Jika jawaban orang yang mampir tadi benar, dia hanya membayar setengah harga sewa. Jika salah, dia membayar dua kali lipat harga sewa. Jika pertanyaan habis, pos atau rumah dijual kepada Bank.
8)        Bila pemain sampai di beranda pos, dia boleh mengajukan pertanyaan berkaitan dengan pos yang ia singgahi kepada pemilik pos. Bila pemilik pos salah atau tidak bisa menjawab, pemilik pos memberikan uang sebesar harga sewa kepada Bank dan ditaruh di tengah kotak.
9)        Catatan : pos dan rumah tidak bisa dibeli oleh orang yang sudah menggunakan perusahaan tersebut.
10)    Pemain diperbolehkan menjual perusahaan yang dimiliki hanya kepada Bank (pengatur permaian).
11)    Jika mendapatkan kesempatan, bebas parker dimana saja sesuai keinginan atau mengambil uang yang ada di tengah papan.
12)    Semua pemain harus melaksanakan perintah yang tertulis pada papan permainan. Dan jika tidak mengikuti perintah maka dikenakan denda 5.000 dan diberi nilai 0 (nol).
13)    Waktu permainan dapat dibatasi, misalkan 1 jam pelajaran meskipun permainan belum berakhir.

Khusus :
A.  Guru
1)      Guru Menjelasakan tujuan dan cara bemain.
2)      Membuat soal dan kunci jawaban yang diserahkan kepada petugas bank yang sudah ditentukan oleh pemain.
3)      Mengawasi jalannya permainan
4)      Memberikan penilaian dan membahas hasil pembelajaran.

B.   Petugas Bank :
1)      Mengatur, mengawasi dan menjaga kerahasiaan kunci jawaban
2)      Memberikan pertanyaan kepada pemain dan mencatat jawaban pemaian yang disesuaikn dengan kunci jawaban
3)      Menegur atau melaporkan pemain apabila ada pemain yang tidak mengikuti aturan permainan.

C.  Pemain :
1)      Mengikuti aturan permainan
2)      Menjawab pertanyaan yang sudah ditentukan
3)      Melaksanakan perintah sesuai kotak permainan

Aturan di atas adalah tidak baku. Jadi boleh dirubah disesuaikan dengan kondisi kelas.
Esensi dari permainan di atas dapat kita lihat, semua ikut berpartisipasi dalam permainan yang didalamnya terdapat banyak sekali soal yang menyangkut dengan pembelajaran. Siswa yang ikut dalam permainan ini juga dituntut kemampuan individu untuk aktif dan wajib menjawab pertanyaan yang ada.

MANFAAT PERMAINAN
Dalam permainan ini banyak hal yang bisa didapatkan karena sebuah tim harus bekerja sama untuk meraih kemenangan. Berikut beberapa manfaat dalam permainan ini :
1)      Menciptakan kebersamaan
2)      Teliti, jeli, dan Kecerdikan
3)      Tidak boleh putus asa ketika tidak bisa menjawab pertanyaan dan kehabisan uang.
4)      Mengasah kemampuan dalam membuat strategi agar bisa menjawab soal dan tidak kehabisan uang
5)      Bertanggungjawab bagi petugas bank untuk selalu mengatur dan mengawasi jalannya permainan serta menjaga agar kunci jawaban tidak bocor
6)      Kejujuran ketika pemain mengocok dadu atau menjalankan permainannya
7)      Percaya diri bahwa ia bias menjawab pertanyaan yang diajukan oleh petugas bank sehingga dia dapat menang


PERMAINAN KARTU
Salah satu contoh media permainan yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika adalah dengan permainan kartu soal. permainan kartu ini dapat dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas. Tiap anak kita wajibkan membuat dua soal pilihan ganda dengan buku sumber bebas, asal anak tersebut tahu penyelesaianya. Soal ditulis di kertas seukuran kartu remi. Kemudian kita suruh menempelkan pada kartu remi. Satu kartu, satu soal, sehingga terkumpul sekitar 80 kartu soal dan diberi nomor 1-80. Penyelesaian soal ditulis di buku masing-masing.

ATURAN PERMAINANNYA
1)      Kita bagi kelas tersebut menjadi 4 – 5 kelompok
2)      Kartu kita bagikan, tiap kelompok mendapat 1 kartu dan sisa kartu di taruh di depan.
3)      Tiap kelompok berkompetisi mengerjakan kartu soalnya.
4)      Setelah selesai dikerjakan, kartu di tukarkan dengan dengan kartu soal yang ada di depan, sedang kartu yang ditukar tadi tidak boleh dikerjakan oleh kelompok lain. Begitu seterusnya, sehingga kelompok yang cepat mengerjakan akan mendapatkan jumlah soal yang banyak, sedang kelompok yang lambat akan mendapat jumlah soal sedikit. Jadi tiap kelompok mendapatkan jumlah kartu soal yang tidak sama.
5)      Permainan berakhir ketika semua soal habis dikerjakan.
6)      tiap kelompok menuliskan nomor soal dan jawabannya (abjadnya saja) di papan tulis, kemudian di cocokan bersama dengan korektor masing-masing soal adalah pembuatnya sendiri.
7)      Tiap kelompok diberi penilaian dengan skor 4 jika jawaban benar dan -1 jika salah.
8)      Kelompok yang mendapat nilai terbesar ditentukan sebagai pemenangnya dan mendapat reward, sedang yang belum menang tetap diberikan semangat dan penghargaan atas usahanya.

Sebagai langkah inovatif, sebenarnya model permainan semacam ini (baik di dalam ataupun di luar kelas) juga sangat mungkin diterapkan untuk mata pelajaran lain di luar Fisika, tentunya dengan berbagai variasi dan modifikasi yang disesuaikan dengan nuansa pelajaran masing-masing.



MANFAAT PERMAINAN
Dalam permainan ini banyak hal yang bisa didapatkan karena sebuah tim harus bekerja sama untuk meraih kemenangan. Berikut beberapa manfaat dalam permainan ini :
1)      Menciptakan kebersamaan dalam satu kelompok
2)      Meningkatkan ketelitian dalam mengerjakan soal yang ada dalam kartu soal
3)      Mengasah pengetahuan dan kemampuan berpikir dalam mengerjakan soal yang ada pada kartu soal
4)      Menumbuhkan rasa percaya diri bahwa kelompok mereka dapat mengerjakan soal pada kartu soal
5)      Tidak mudah putus asa ketika tidak bisa mengerjakan soal yang ada pada kartu, karena setiap soal itu pasti ada jawabannya apalagi mereka kelompok pasti dapat diselesaikan secara bersama-sama.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

CamOn